Melindungi Blog dari Copy Paste

Posted by Unknown on Tuesday, December 23, 2008

Cara Melindungi Blog dari Copy Paste : Sesuai dengan diskripsinya, Tips dan trik Blog ini saya buat untuk berbagi (sharing) ilmu & tips trik yang ada hubungannya dengan dunia per-blog-an yang saya dapatkan dari para master blogger . Untuk itu, siapa saja, tidak usah sungkan-sungkan untuk melakukan copy paste (copas) dari postingan saya jika hal tersebut bermanfaat bagi Anda atau bahkan orang lain. Anda boleh memposting ulang tanpa harus atau dengan melakukan pengeditan terlebih dahulu dan juga boleh atau tidak menyebutkan sumber (link) aslinya. Namun demikian bukan berarti saya mendukung aksi copas lho.

Satu hal, pesan saya, Anda bebas melakukannya di sini (di blog saya), tetapi mohon untuk tidak melakukannya di blog yang lain, ya! Kasihan mereka (para blogger) yang telah susah payah dengan menyita waktu, pikiran, dan tenaga mereka serta biaya yang tidak sedikit untuk menghasilkan suatu postingan blog. Sejelek apa pun, blog adalah termasuk hasil karya seseorang yang juga berhak untuk dihargai.

Oh, iya, kalau boleh jujur, saya juga pernah melakukan hal tersebut terhadap artikel pada website lain. Walaupun saya sudah mencatumkan link sumber aslinya, postingan saya tersebut langsung mendapatkan kritikan / saran yang intinya walaupun telah mencantumkan link sumber aslinya tidak berarti kita bebas untuk melakukan copy paste tanpa melakukan pengeditan terlebih dahulu.

Dengan kejadian tersebut, saya menjadi malu sekali (benar-benar malu, lho) dan akhirnya dengan “kstaria” saya minta maaf atas ketidaktahuan saya tentang etika-etika dalam bidang penulisan karya cipta tersebut. Akhirnya, postingan (hasil copas) tersebut saya hapus dari daftar postingan saya dan saya alihkan ke website yang bersangkutan, jika ingin melihatnya di sini bos. (Isin, aku, hi hi)

Dari pengalaman tersebut, akhirnya saya menjadi mengerti akan pentingnya penghargaan terhadap hasil karya seseorang, apa pun itu bentuk dan hasilnya, kita harus menghargainya. Dan dengan kejadian itu pula, akhirnya dalam setiap postingan di blog ini, jika harus melakukan copas dari blog atau situs lain, saya usahakan untuk menggunakan “bahasa” sendiri dan tidak lupa untuk mencantumkan link sumber aslinya.

OK, sehubungan dengan hal tersebut, jika menghendaki, rekan-rekan blogger dapat melindungi postingan blognya dari orang lain dengan tips berikut ini. Tips ini saya dapatkan ketika jalan-jalan di WEB TUTORIAL. Untuk tips yang saya kira sangat bermanfaat ini, dengan tulus, saya mengucapkan terima kasih kepada beliau si pemilik weblog tersebut.

Langkah-langkahnya adalah sebagai berikut.

1. Login ke http://blogger.com hingga masuk Dasbor

2. Klik Tata Letak (layout)

3. Klik tab Edit HTML

4. Kemudian cari dan temukan kode <head>

5. Jika sudah ketemu, pastekan kode script di bawah ini, tepat di bawah kode <head>.

<SCRIPT type="text/javascript">
if (typeof document.onselectstart!="undefined") {
document.onselectstart=new Function ("return false");
}
else{
document.onmousedown=new Function ("return false");
document.onmouseup=new Function ("return true");
}
</SCRIPT>

6. Kemudian Simpan Template

7. Selesai.

Sekarang, Anda dapat mencoba melakukan blok pada salah satu postingan Anda. Apa yang terjadi adalah kita tidak dapat melakukan blok terhadap postingan tersebut dan dengan demikian postingan tersebut tidak dapat dicopas oleh orang lain.

Mungkin tips ini adalah salah satu dari sekian banyak cara untuk melindungi postingan kita dari copas oleh orang lain, oleh karena itu, jika ada di antara rekan-rekan yang mempunyai trik/tips lain, mohon untuk dishare juga ya, siapa tahu bermanfaat bagi orang lain. Kata Ustad Jefry dan ustad-ustad yang lain (sok alim, ya), membuat orang lain senang akan mendatangkan pahala, lho,…..

Oh, iya, satu lagi (dari tadi, oh-ya,oh-ya melulu), jika ada teman-teman yang menemukan postingan di blog ini yang merupakan hasil dari copas dan tidak atau belum mencantumkan link sumbernya, mohon bantuannya untuk memberitahukan kepada saya.

(sumber : WEB TUTORIAL)


Description: Melindungi Blog dari Copy Paste Rating: 4.5 Reviewer: Unknown - ItemReviewed: Melindungi Blog dari Copy Paste

{ 0 comments... read them below or add one }

Post a Comment