Tips Memasang Buku Tamu (Shoutbox)

Posted by Unknown on Saturday, September 13, 2008

Setiap blogger akan memberikan nama atau judul yang berbeda untuk widget shoutbox yang dipasang pada blog mereka. Ada yang memberi nama free chat, shoutbox, tempat komentar, cuap-cuap, dan Tips Blog sendiri lebih suka memberi nama buku tamu. Banyak layanan semacam ini, seperti Shoutmix, Cbox, Oggix, dan tiga inilah yang sering digunakan di antara banyak layanan sejenis di internet. Berikut tips memasang buku tamu.

Lagi-lagi, topiks postingan pada blog ini selalu terlambat, namun pepatah mengatakan “lebih baik terlambat dari datang paling lambat”. Oleh karena itu, perkenankan Trik dan Tips Blog untuk men-sharing pengalaman tentang widget buku tamu, atau widget shoutbox ini yang juga sudah sering dibahas dan diulas oleh blogger-blogger yang lebih berpengalaman. Namun, tidak ada salahnya, jika Tips Blog men-sharing pengalaman tentang widget ini, siapa tahu masih bermanfaat bagi yang lainnya.

Sekiranya jika tidak membutuhkan silakan tutup postingan ini. Dan sekiranya dibutuhkan, silakan lanjutnya membacanya,………

Widget shoutbox ini berfungsi untuk memberi kesempatan kepada pengunjung blog untuk memberi komentar secara umum terhadap apa pun yang ada hubungan dengan blog tersebut, atau hanya ingin titip-titip salam, atau hanya “numpang lewat” atau promosi secara terselubung atau hanya ingin memberi kesan-pesan, atau tujuan lainnya. Yang pasti widget ini penting sekali dan “wajib” hukumnya untuk memasangnya sehingga hampir tidak ada yang tidak memasangnya.

Seperti telah disinggung di paragraph pertama postingan ini, banyak layanan gratis yang menyediakan widget free chat ini, tiga di antaranya yang paling popular adalah Shoutmix, Oggix, dan Cbox.

Shoutmix

Alamat URL_nya http://shoutmix.com

Fitur dan fasilitasnya, antara lain

  • Dapat menampilkan icon emotion
  • Ringan loadingnya
  • Auto-refresh 1 x/menit
  • Penyimpanan (Storage) hingga 250 pesan
  • Panjang pesan (Post length) hingga 150 characters
  • Bandwidth 60 pesan/jam

Oggix

Alamat URL_nya http://oggix.com

Fitur dan fasilitasnya, antara lain

  • Shoutbox Avatar, dapat menampilkan photo pada shoutbox
  • Agak berat loadingnya
  • Icon emotion/smile yang lengkap
  • Unlimitted entries

Cbox

Alamat URL_nya http://cbox.ws

Fitur dan fasilitasnya, antara lain

  • Lebih ringan loadingnya
  • Dapat dikustomasi
  • Blocking spam
  • Message History

Cara Menambahkan Widget Shoutbox

Pada kesempatan ini, Trik Tips Blog hanya akan memberi contoh mendapatkan kode html dari salah satu shoutbox saja, yaitu Shoutmix. (Cara mendapatkan kode html dari layanan lainya, mempunyai langkah yang hampir sama).

Masuk ke situs http://shoutmix.com

Kemudian lakukan sign up pada menu paling atas.

Kemudian Anda harus melakukan pengisian seperlunya pada form yang disediakan, seperti di bawah ini, antara lain, username, password, nama, alamat email.

Jangan lupa centangi pada I have read and agree to the Terms of Service.

Kemudian lanjutkan dengan mengklik Continue, hingga Anda akan memasuki halaman di mana Anda harus memilih style shoutbox yang Anda inginkan, seperti di bawah ini.

Pilih style yang Anda inginkan dengan mengklik pada contoh yang diberikan, kemudian sebelum mengklik Continue, pastikan Anda sudah mengisi huruf verifikasinya. Kemudian, Anda akan memasuki halaman Ucapan terima kasih dari Shoutmix, seperti di bawah ini.

Kemudian klik Go to my control panel to use your shoutmix untuk melakukan login dan menuju Panel Kontrol, seperti di bawah ini.

Anda dapat melakukan kustomasi seperlunya, seperti antara lain.

Style & Colors >> untuk memilih style shoutbox dan kombinasi warna yang sesuai dengan selera masing.

Labels >> untuk merubah label/teks menjadi sesuai dengan bahasa yang diinginkan.

Smileys >> untuk menambah koleksi icon emotion

Date & Time >> untuk mengubah timezone sesuai dengan tempat kita tinggal

Messages >> untuk mengubah jumlah pesan yang terdelet secara otomatis

Setelah melakukan kustomasi seperlunya, langkah selanjutnya adalah mendapatkan kode html-nya, dengan cara mengklik menu Get Code yang berada di sebelah kiri.

Setting >> Quick Start >> Get Code >> hingga akan tampil halaman seperti di bawah ini.

Kemudian pilih Place shoutbox on webpage hingga Anda akan diberikan kode html-nya, seperti di bawah ini.

Anda dapat mengkustomasi ukuran width yang menunjukkan lebar shoutbox sedemikian rupa sehingga nantinya tepat dengan ukuran side bar blog Anda, begitu juga dengan length yang menunjukkan panjang shoutbox. Pastikan Anda mencentangi Enable frame border around shoutbox jika ingin shoutbox dengan garis frame.

Langkahnya selanjutnya mencopy kode html-nya yang berada di bawah Generated Codes. Setelah mendapatkan kode html-nya, Anda harus mempastekan pada side bar blog Anda. Langkah-langkahnya, sebagai berikut.

  • Masuk atau login ke http://blogger.com hingga masuk Panel Kontrol
  • Kemudian klik Tata Letak (layout)
  • Kemudian Tambah Gadget
  • Kemudian klik Tambahkan HTML/Javascript
  • Kemudian pastekan kode html yang sudah Anda dapatkan tersebut
  • Kemudian Simpan Perubahan
  • Selesai

Silakan baca juga

  1. Script Berita Berjalan Metrotv Newsticker
  2. Filsafat Bolak-Balik


Description: Tips Memasang Buku Tamu (Shoutbox) Rating: 4.5 Reviewer: Unknown - ItemReviewed: Tips Memasang Buku Tamu (Shoutbox)

{ 0 comments... read them below or add one }

Post a Comment